INFO KEMENANGAN

Inilah Sederet Manfaat Kacang Tanah

PINOQQ LOUNGE . Inilah Sederet Manfaat Kacang Tanah, yang mempunyai produk utama biji kacang. Bagi masyarakat Indonesia, kacang tanah biasa di jadikan sebagai konsumsi di berbagai jenis makanan populer. Seperti, pecel, sate, olahan selai juga sambal, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, tak sedikit pula orang yang doyan menjadikannya sebagai camilan dengan cara merebus atau menyangrainya terlebih dahulu.

Namun, tahukah kamu jika kacang tanah ternyata mampu memberikan banyak manfaat menyehatkan bagi tubuh pengonsumsinya? Penyebabnya tidak lain karena jenis biji-bijian tersebut mengandung berbagai macam nutrisi dan juga gizi yang penting di butuhkan oleh tubuh . 

Inilah Sederet Manfaat Kacang Tanah , Sebagai contoh, kacang tanah mempunyai kandungan lemak sehat dan protein cukup tinggi. Tak hanya itu, manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh juga datang dari kandungan mineralnya yang cukup tinggi, seperti, fosfor dan kalsium. Bahkan, ada beberapa nutrisi hebat lainnya yang tersimpan. Seperti, kalori, karbohidrat, besi, vitamin B1, vitamin C, serta, dan air.

Yang menarik perhatian adalah nutrisi kacang tanah tersebut tetap terjaga baik saat di olah dengan cara di sangrai, di rebus, ataupun di kupas biasa. Lantas, apa saja khasiat kacang tanah saat rutin di konsumsi oleh tubuh?

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

Inilah Sederet Manfaat Kacang Tanah

Membangun Serta Memperbaiki Sel Tubuh

Beragam jurnal kesehatan menyebutkan bahwa kacang tergolong sebagai jenis makanan sumber nutrisi protein nabati. Dalam 100 gram kacang, terdapat sekitar 25 sampai 26 gram protein tumbuh-tumbuhan ini. Jumlah tersebut telah mencakup hampir setengah kebutuhan protein seseorang dalam satu hari. Pada wanita dewasa, di anjurkan untuk mendapatkan protein sebanyak 46 gram setiap harinya. Sedangkan pada pria dewasa, kebutuhan proteinnya setiap hari mencapai angka 56 gram. Jadi, cukup dengan mengonsumsi 100 gram kacang-kacangan, kamu telah mampu mencukupi setengah asupan protein harian yang di butuhkan tubuh . Meski begitu, kebutuhan protein setiap orang tidaklah selalu sama. Beberapa hal seperti, usia dan juga faktor risiko memengaruhi jumlah protein yang di butuhkan oleh tubuh. Namun, yang pasti, kamu harus mampu mencukupi asupan protein tubuh ini agar sel-sel di dalam tubuh dapat di bangun dan di perbaiki saat mengalami kerusakan. 

Cegah Risiko Kolesterol Tinggi

PINOQQ LOUNGE . Kebanyakan lemak yang terkandung di dalam kacang tergolong sebagai asam lemak tidak jenuh tunggal, serta tidak jenuh ganda. Kedua jenis lemak tersebut di kenal sebagai jenis lemak yang baik dan menyehatkan bagi tubuh. Tentunya, nutrisi ini bisa di temui pada olahan kacang tanah.Menurut pemaparan American Heart Association atau AHA, rutin mengonsumsi lemak tidak jenuh tunggal maupun lemak tidak jenuh ganda dapat menggantikan lemak jenuh serta lemak trans. Hal tersebut mampu memberikan khasiat menyehatkan yakni mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Secara tidak langsung, manfaat tersebut juga mampu menekan risiko penyakit kardiovaskuler. Seperti, penyakit jantung dan stroke. Walaupun begitu, tetap pahami bahwa kacang tanah masih memiliki kandungan lemak jenuh, meskipun jumlahnya sedikit. Oleh karena itu, agar mampu mendapatkan khasiat kacang tanah yang satu ini dengan optimal, tetap konsumsi jenis makanan tersebut dengan jumlah yang cukup dan terukur. 

Bantu Melancarkan Pencernaan

Kacang tanah merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan serat cukup tinggi. Dalam 100 gram kacang tanah terdapat setidaknya 8 gram serat. Jumlah tersebut mampu mencukupi sekitar 25 persen asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Serat sendiri banyak dikenal sebagai nutrisi yang mampu memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah melancarkan dan menyehatkan organ pencernaan. Saat kebutuhan serat terpenuhi, proses pembuangan kotoran atau feses menjadi lebih lancar karena zat tersebut mampu menyerap air.Alhasil, feses pun menjadi lebih lunak serta lebih mudah dikeluarkan saat BAB. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta menekan risiko penyakit kardiovaskuler, obesitas, hingga diabetes type 2. 

Ampuh Menurunkan Berat Tubuh

Dengan berbagai kandungan gizi yang dimilikinya, kacang tanah merupakan salah satu jenis camilan yang tidak hanya melezatkan, tapi juga menyehatkan. Sebagai camilan sehat, olahan kacang tanah mampu membantumu dalam menjaga berat tubuh agar tetap ideal. Bahkan, menurut sebuah penelitian, wanita yang rutin menjadikan olahan kacang tanah sebagai camilan sebanyak 2 kali seminggu mempunyai risiko sedikit lebih besar mengalami peningkatan berat badan serta obesitas dibanding dengan yang tidak. Studi berskala besar lainnya juga mengungkap bahwa mengonsumsi kacang tanah maupun jenis kacang lainnya mampu mengurangi risiko obesitas dalam jangka waktu 5 tahun.

Andal Kelola Kadar Gula dalam Darah

Bagi penderita diabetes ataupun risiko diabetes, kacang tanah menjadi salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Penyebabnya karena kacang tanah mempunyai indeks glikemik yang rendah. Artinya, mengonsumsi makanan tersebut tidak akan menimbulkan lonjakan besar pada kadar gula dalam darah. Kacang mempunyai skor indeks glikemik 23 yang membuatnya tergolong sebagai makanan dengan kandungan IG rendah. Kandungan karbohidrat yang tak terlalu tinggi, namun kaya akan lemak, serat, dan protein membuat kacang tanah andal dalam mengontrol kadar gula dalam darah serta memperlambat aktivitas pencernaan. 

Menjaga Jantung agar Tetap Sehat

Bukan rahasia lagi jika penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Agar kesehatan jantung tetap terjaga, tubuh perlu mendapatkan beberapa nutrisi penting, seperti, niacin, magnesium, asam oleat, hingga antioksidan. Untungnya, semua nutrisi yang mampu menyehatkan jantung tersebut bisa kamu temui pada kacang tanah. 

Menurunkan Risiko Batu Empedu

Jika dikonsumsi secara rutin dan dengan jumlah yang tak berlebihan, kacang tanah mampu memberikan efek menurunkan kolesterol. Efek tersebut ternyata secara tidak langsung juga mampu menurunkan risiko penyakit batu empedu.Tak hanya bagi pria, khasiat yang satu ini juga bisa dirasakan oleh wanita. Meski begitu, kebenaran dari manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasinya.

BACA JUGA : 6 Manfaat Luar Biasa dari Rutin Mengonsumsi Lengkuas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *