Uncategorized

Makanan yang Baik Di Konsumsi ketika Sakit

Makanan yang Baik Di Konsumsi ketika Sakit

PKVSLOT Makanan yang Baik Di Konsumsi ketika Sakit Saat tubuh sedang melawan penyakit, asupan makanan menjadi sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan. Pilihan makanan yang tepat tidak hanya memberikan rasa nyaman saat sakit tetapi juga dapat memberikan dukungan nutrisi yang di perlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, terdapat beberapa makanan yang di akui secara luas sebagai penunjang pemulihan saat kondisi tubuh sedang kurang sehat. Berikut ini kelima daftar makanan tertentu yang di anggap baik untuk dikonsumsi selama sakit. Kira-kira makanan apa saja, ya?

1. Bawang putih

Bawang putih telah lama di kenal karena sifat antibakteri dan antivirusnya. Mengutip dari Healthline, mengonsumsi bawang putih dapat mempercepat pemulihan dari penyakit dan membantu melawan flu serta pilek. Sayangnya, memasak bawang putih dapat menyebabkan umbi-umbian ini kehilangan sifat obatnya.

Cara yang tepat untuk mengolah bawang putih yaitu dengan menghancurkannya dan mendiamkannya selama 10 menit sebelum di masak. Mengiris bawang putih sebelum di makan juga dapat dapat membantu mempertahankan sifat antibakterinya. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, lebih baik untuk mengonsumsi bawang putih mentah.

2. Sup ayam

Sup ayam tidak hanya lezat tetapi juga telah terbukti secara ilmiah dapat membantu pemulihan saat sakit. sup ayam telah di gunakan sebagai obat selama ribuan tahun sejak zaman Tiongkok kuno dan Kekaisaran Romawi. Selain menjadi sumber nutrisi dan elektrolit, sup ayam menawarkan berbagai manfaat lain.

Ahli gizi dari Universitas Dayton menyebutkan bahwa kaldu ayam membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dan memperbaiki pencernaan. Sup ayam juga dapat mengurangi gejala gastrointestinal serta peradangan. Rasa umami kaldu juga dapat meningkatkan nafsu makan pada orang sakit.

3. Teh hangat

Seperti sup ayam, teh hangat telah menjadi bagian dari obat rumahan selama ribuan tahun dengan alasan yang baik. Sebagai minuman hangat, teh berfungsi sebagai penghilang sakit tenggorokan dan dekongestan alami. Teh hangat juga dapat melonggarkan lendir dalam sistem pernapasan ketika mengalami flu.

Berdasarkan studi tahun 2018 dalam jurnal Molecules menyebutkan teh berfungsi sebagai antioksidan alami. Antioksidan bekerja dalam tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas. Teh juga bermanfaat dalam mengganti cairan yang seharusnya menjadi prioritas utama bagi orang yang baru pulih dari penyakit, terutama ketika demam dan muntah.

4. Makanan pedas

Ketika mengonsumsi makanan pedas, kamu mungkin merasa hidung tiba-tiba meler seperti baru saja membersihkan sistem pernapasan. bahan aktif dalam makanan pedas, yakni capsaicin, dapat membangkitkan respons positif pada pasien yang sakit.

Menurut ahli saraf di Monell Chemical Senses Center, makanan pedas juga dapat berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dengan sementara membanjiri reseptor rasa sakit pada tubuh. Makanan pedas membantu meredakan sakit tenggorokan dengan membuatnya mati rasa. Makanan pedas membuat sinus lebih sensitif sehingga pernapasan terasa membaik.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsinya selama proses pemulihan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini meliputi antioksidan, Vitamin A, K, dan C, kalsium, serat, folat, magnesium, zat besi, dan kalium.

Selama sakit, tubuh kita membutuhkan lebih banyak nutris dan sayuran hijau menjadi bagian penting dari diet kaya nutrisi. Menurut penelitian tahun 2018 dalam jurnal Medline Plus menyimpulkan bahwa sayuran hijau mengandung senyawa polifenol. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan nyeri yang kamu rasakan ketika sakit.

Nah, sekarang kamu sudah tahu makanan apa saja yang baik di konsumsi saat sakit. Tetapi tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan apalagi makanan pedas yang kurang baik untuk lambung.

PINOQQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *