Penjelasan Perbedaan Suhu
BERITA UNIK

Penjelasan Perbedaan Suhu dan Panas pada Suatu Benda

Penjelasan Perbedaan Suhu dan Panas pada Suatu Benda. Suhu dan panas adalah dua hal yang sering kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari

Sebagai manusia, tentu kita tak pernah terlepas dari peristiwa yang berhubungan dengan panas dan suhu. Secara sadar atau tidak, dua hal ini sering dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Es yang dingin, matahari yang terik, dan api yang panas merupakan fenomena yang berhubungan dengan suhu. Sedangkan ketika kamu berada di dekat sumber api, seperti kompor, kamu akan merasakan panas yang dipancarkan api tersebut. 

Pada dasarnya, panas adalah energi yang berpindah, sementara suhu hanyalah ukuran untuk menyatakan tingkat panas atau dingin dari suatu benda. Lantas apa perbedaannya?

Nah bagi kamu yang belum memahami apa perbedaannya, kali ini PINOQQ LOUNGE telah menyiapkan penjelasan seputar perbedaan suhu dan panas pada suatu benda. Yuk simak!

1. Perbedaan panas dan suhu terletak pada jenis energinya

Menurut Buku Tematik Tema 6 Kelas Vperbedaan panas dan suhu terletak pada jenis energinya. Energi panas adalah salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, maka batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat.

Sedangkan suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C).

2. Macam-macam skala pada suhu

Seperti yang kamu ketahui, termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu benda maupun suhu tubuh.

Terdapat empat skala umum yang digunakan untuk termometer, diantaranya meliputi Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin.

Celcius

Skala ini paling banyak di gunakan tak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Dalam skala ini titik beku air di tetapkan sebagai titik bahwa di 0º C dan titik didih air di tetapkan sebagai titik tetap atas sebesar 100º C. Rentang antara titik paling bawah dengan paling atas adalah 100 skala.

Fahrenheit

Skala suhu ini banyak di gunakan di Inggris, Kanada, Amerika, dan beberapa negara Eropa lainnya. Pada skala fahrenheit, titik beku air di tetapkan sebesar 32º F dan titik didih air di tetapkan sebesar 212º F. Rentang antara keduanya sebanyak 180 skala.

Reamur

Sedangkan pada skala reamur, suhu titik beku air di tetapkan sebesar 0º R dan titik didih air di tetapkan pada 80º R. Jarak antar kedua titik ini adalah 80 skala.

Kelvin

Skala kelvin tidak di nyatakan hanya dalam derajat kelvin saja. Pada skala suhu ini, tidak ada skala negatif karena titik beku air sebesar 273 K dan titik didih air sebesar 373 K. Dengan demikian suhu 0 K itu sama dengan -273 C.

Suhu ini di kenal juga dengan nama suhu nol mutlak. Nol mutlak ini di anggap sebagai suhu ketika molekul-molekul diam dan tak bergerak sama sekali.

3. Macam-macam proses perpindahan panas atau kalor

Setelah mengetahui macam-macam skala pada suhu, kamu juga perlu tahu apa saja macam-macam perpindahan panas atau kalor.

Perpindahan panas atau kalor dapat di bagi menjadi tiga jenis berdasarkan medium perantaranya. Berikut penjelasannya:

Konduksi

Konduksi adalah perpindahan energi panas tanpa di sertai pergerakan permanen medium yang menjadi penghantar panas. Contoh konduksi adalah rambatan panas pada material logam seperti besi, kawat, dan alumunium.

Konveksi

Konveksi adalah perpindahan panas yang terjadi seiring dengan perpindahan zat perantara atau mediumnya. Contoh dari konveksi adalah pendinginan ruangan dengan AC dan pemanasan air.

Radiasi

Radiasi adalah perpindahan energi panas tanpa di butuhkan penghantar. Panas di transmisikan dengan emisi gelombang elektromagnetik. Salah satu contoh radiasi panas adalah perpindahan energi panas dari matahari ke bumi dan benda-benda antariksa lainnya.

Nah itulah informasi seputar perbedaan suhu dan panas pada suatu benda. Dengan membaca secara teliti informasi di atas, di harapkan kamu dapat lebih mudah memahami perbedaan antara suhu dan panas ya!

Semoga informasinya membantu!

SUMBER : PINOQQ LOUNGE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *