BERITA UNIK

Penyebab Demam Tinggi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Demam Tinggi dan Cara Mengatasinya

PINOQQ Lounge – Penyebab demam tinggi yang dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa adalah sama. Bisa infeksi virus, masalah DBD, dehidrasi, alergi, dan cedera tulang. Demam yang tinggi bukanlah suatu penyakit, tetapi gejala suatu penyakit.

Menurut para ahli, penyebab demam tinggi pun menjadi satu mekanisme bentuk pertahanan tubuh melawan infeksi. Orang dewasa dianggap demam apabila pengukuran suhu oral (diukur lewat mulut) di atas 38 derajat Celcius, atau suhu rektal (diukur melalui anus) maupun telinga di atas 38.3 derajat Celcius.

Anak dan balita dianggap demam tinggi apabila suhu rektalnya > 38 derajat Celcius. Penyebab demam tinggi tidak boleh disepelekan. Apalagi demam tinggi bisa menimbulkan sejumlah komplikasi yang dapat membahayakan tubuh. Mulai dari dehidrasi berat, halusinasi, dan kejang. POKER.

Penyebab Demam Tinggi Lainnya

  • Infeksi Virus

Sering kali menjadi salah satu penyebab demam tinggi dan meriang. Biasanya, seseorang yang mengalami kondisi ini juga akan mengeluhkan gejala lain seperti nyeri otot, pilek dan diare. Infeksi virus yang biasanya menjadi penyebab demam tinggi adalah flu, sakit tenggorokan, cacar air atau pneumonia, hingga covid-19.

Pada kasus ini, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab demam tinggi adalah dengan bed rest dan minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Sedangkan, sebagai langkah pencegahan infeksi lanjutan, penerapan gaya hidup sehat harus segera dilakukan. Bila demam tinggi yang dialami belum juga pulih, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Alergi

Merupakan salah satu penyebab demam tinggi yang sering diremehkan. Saat alergi kambuh, penderita dapat mengalami berbagai keluhan seperti demam tinggi, gatal, hidung berair dan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Untuk mengatasi penyebab demam tinggi akibat alergi, penderita wajib menghindari faktor pencetus (alergen). Pada kasus yang berat, penderita perlu mengonsumsi antihistamin atau steroid yang diberikan oleh dokter.

  • Cedera Tulang

Penyebab demam tinggi berikutnya adalah cedera tulang dan penyakit sendi. Seorang yang mengalami patah tulang dapat mengalami berbagai keluhan, seperti bagian tubuh yang cedera menjadi panas, membengkak dan sulit digerakkan.

untuk mengatasi penyebab demam tinggi adalah kompres dingin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi nyeri di daerah yang cedera. Setelah itu, pemasangan bidai pada daerah yang terlibat juga dapat dilakukan untuk mengurangi pergerakan bagian tubuh yang cedera.

Penyebab Demam Tinggi dan Sesak Napas

Penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menimbulkan gejala utama berupa gangguan pernapasan. Namun, gejala utama yang bisa terlihat dan mudah dikenali adalah demam yang dialami penderitanya. Demam akan terasa sangat tinggi, yakni lebih dari 38 derajat celcius disertai sesak napas dan batuk kering.

Bisa menyebabkan penderitanya menggigil. Terkadang ada yang mengalami diare, sakit kepala, konjungtivitis, hilangnya kemampuan indra penciuman/perasa, dan muncul ruam di kulit.

Komplikasi seperti gagal napas, gagal jantung akut, dan infeksi sekunder akibat kuman lainnya dapat terjadi bila kondisi ini tidak segera diatasi atau bila penyakit mengalami perburukan dengan sangat cepat.

Belum ada terapi anti-virus yang terbukti efektif untuk mengatasi infeksi virus corona covid-19. Beberapa anti-virus yang telah berhasil menangani infeksi MERS-CoV dan SARS-CoV sebelumnya, belum menunjukkan hasil memuaskan untuk mengatasi infeksi virus corona yang baru ini.

Penderita yang terinfeksi virus corona akan menerima terapi yang bersifat suportif untuk mengurangi gejala. Misalnya anti-piretik untuk menurunkan suhu tubuh dan cairan untuk mencegah dehidrasi, serta terapi oksigen pada pasien yang mengalami sesak napas.

Penyebab Demam Naik Turun

Hampir mirip seperti gejala flu atau pilek. Padahal sebenarnya kondisi ini termasuk jenis demam yang harus diwaspadai. Sebab jenis demam ini bisa mengindikasikan penyakit malaria.

Demam yang naik turun karena malaria akan disertai dengan penderita yang mengakami kedinginan (menggigil). Suhu tubuh penderitanya bisa mencapai 40 derajat celcius dan terus berkeringat.

Demam naik turun ini terkadang akan membuat penderita sehat sesaat dan sesaatnya lagi demam tinggi. Rentan waktu kekambuhannya sekitar 8 hingga 10 jam, 48 jam, atau 72 jam.

Komplikasi juga bisa dialami penderitanya. Misalnya saja seperti pecahnya sejumlah sel darah merah, gagal ginjal, anemia, dan edema paru.

Cara Meredakan Demam

  • Obat

Kandungan paracetamol dan ibuprofen yang ada pada obat penurun demam akan menurunkan panas dan juga meredakan nyeri demam termasuk saat kamu merasa sakit kepala. Kandungan keduanya sangat efektif dalam meringankan demam dan sakit kepala, konsumsi pada malam hari dan keesokan harinya tubuh akan terasa jauh lebih baik.

  • Air Hangat

Bisa memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Dengan cara ini akan membantu mengatasi rasa nyeri dari sendi-sendi yang sakit. Akan lebih baik lagi jika saat mengonsumsi obat penurun demam dilarutkan bersama dengan air hangat. Kondisi tubuh pun akhirnya akan semakin membaik pada esok hari.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Buku Sendiri & Laris Terjual

  • Sayur dan Buah

Makan sayur selagi hangat agar tubuh menjadi rileks dan demam pun turun. Kamu bisa memilih buah jeruk, apel, dan juga anggur yang baik dikonsumsi pada saat demam dan sakit kepala.

  • Istirahat dan Tidur

Karena kelelahan akibat terlalu banyak bekerja. Reminder agar kamu meng-istirahatkan tubuh lebih lama. Saat sedang demam dan sakit kepala sebaiknya hindari aktivitas begadang yang tidak perlu. Selain itu, hindari juga overthinking karena hal tersebut hanya akan memperburuk rasa sakit kepala yang sedang kamu alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *