Uncategorized

11 Manfaat Teh Hitam Dikonsumsi Tiap Hari untuk Kesehatan

Teh hitam

11 Manfaat Teh Hitam PINOQQ LOUNGE –  Manfaat teh untuk kesehatan sangat beragam. Teh hitam merupakan salah satu jenis teh yang kerap di konsumsi. Menikmati teh hitam hangat sambil bersantai tentu sangat menyenangkan.

Teh hitam memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah radikal bebas, menurunkan risiko serangan jantung, menurunkan risiko stroke, dan lain sebagainya.

Teh hitam memiliki kandungan polifenol, yaitu antioksidan yang dapat membantu sel tubuh dari kerusakan. Tak hanya itu, teh hitam juga mengandung katekin yang di percaya mampu membantu mencegah kanker.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat teh hitam, Merdeka.com telah merangkum manfaat teh hitam untuk kesehatan dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Memiliki Sifat Antioksidan

Antioksidan diketahui memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Mengonsumsinya dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh.

Hal ini nantinya dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Sebab teh hitam mengandung polifenol atau jenis antioksidan. Polifenol dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.


2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi teh hitam secara teratur dapat membantu mengurangi banyak faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida dan obesitas.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang minum tiga cangkir teh hitam per hari memiliki risiko 11% lebih rendah terkena penyakit jantung. Jadi menambahkan teh hitam ke rutinitas harian adalah cara mudah untuk memasukkan antioksidan ke dalam makanan dan berpotensi mengurangi risiko komplikasi kesehatan.


3. Dapat Menurunkan Kolesterol

11 Manfaat Teh Hitam Tubuh mengandung dua lipoprotein yang mengangkut kolesterol ke seluruh tubuh. Salah satunya adalah low-density lipoprotein (LDL), dan yang lainnya adalah high-density lipoprotein (HDL).

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi teh dapat membantu mengurangi kolesterol LDL. Satu studi menemukan bahwa minum lima porsi teh hitam per hari mengurangi kolesterol LDL sebesar 11% dengan kadar kolesterol sedikit.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Usus

Penelitian menemukan bahwa jenis bakteri dalam usus memainkan peran penting dalam kesehatan. Hal itu karena usus mengandung triliunan bakteri, serta 70-80% dari sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, teh hitam mengandung sifat antimikroba yang membunuh zat berbahaya dan meningkatkan bakteri usus dan kekebalan dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.


5. Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi memengaruhi sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia. Hal ini dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan ginjal, stroke, kehilangan penglihatan, dan serangan jantung. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat menurunkan tekanan darah, salah satunya mengonsumsi teh hitam.

Sebuah studi menyebutkan peran teh hitam dalam menurunkan tekanan darah. Mereka yang minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama enam bulan mengalami penurunan tekanan darahnya.


6. Membantu Mengurangi Risiko Stroke

Stroke dapat terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah. Penyakit ini disebut menjadi penyebab kematian nomor dua di dunia.

Namun stroke dapat dicegah. Misalnya dengan mengatur pola makan, aktivitas fisik, tidak merokok, dan mengonsumsi teh hitam. Satu studi menyebutkn mereka yang minum empat atau lebih cangkir teh hitam per hari memiliki risiko stroke 32% lebih rendah daripada mereka yang tidak minum teh.


7. Meningkatkan Daya Fokus

Teh hitam mengandung kafein dan asam amino yang disebut L-theanine, yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. L-theanine meningkatkan aktivitas alfa di otak, menghasilkan relaksasi, dan fokus yang lebih baik.

Studi telah menemukan bahwa minuman yang mengandung L-theanine dan kafein memiliki dampak terbesar pada daya fokus karena efek L-theanine pada otak.


8. Atasi Jerawat

Awalnya bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan toner, lalu cuci muka. Kemudian oleskan ampas teh hitam ke wajah secara merata. Pijat lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah selesai, bilas lagi dengan air hangat. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali seminggu untuk menghilangkan jerawat.

9. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat teh hitam untuk kesehatan yang pertama yaitu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Mengonsumsi teh hitam terbukti dapat menjaga bakteri baik di saluran pencernaan.

Hal ini karena teh hitam mengandung polifenol yang berperan meningkatkan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Kandungan polifenol dan sifat antimikroba dalam teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

10. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Cegah Radikal Bebas

Manfaat teh hitam untuk kesehatan yang ketiga yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Teh hitam kaya akan antioksidan seperti polifenol. Zat ini terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, zat ini dapat mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga apabila radikal bebas dapat di cegah, seseorang tersebut akan jarang sakit.

11. Bantu Turunkan Gula Darah di Dalam Tubuh

Manfaat lain dari teh hitam yaitu dapat membantu menurunkan gula darah di dalam tubuh. Mengonsumsi teh hitam tanpa tambahan pemanis diketahui mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah serta meningkatkan insulin.

Perlu di ketahui apabila gula darah dalam tubuh tidak pernah terlalu tinggi, maka risiko terkena diabetes tipe 2 akan rendah. Oleh sebab itu, konsumsi lah 1 sampai 2 gelas teh hitam untuk mendapatkan manfaat tersebut.

BACA JUGA YUK 5 Penyebab Merasa Sedih Tanpa Alasan, Bisa Jadi Tanda Depresi




PARTNER SEJATI PERMAINAN KARTU ANDA JADILAH JUTAWAN BERSAMA PINOQQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *